Skip to content

Tipologi Masyarakat. (Sebuah Penilain Subyektif)

Januari 13, 2012

image

     Hey..akhirnya aku menulis juga. Setelah sekian lama aku tak menulis. Terkendala banyak hal dan kesibukan, termasuk kesibukan melawan malas juga.heehehhe…
     Tahu kah? Saya saat ini ada di Jawa Tengah. Berkaitan dengan tugas KKN yang dibebankan kepada kami. Tepatnya di Dusun Winong Desa Pulorejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.
     Jujur, saya bersyukur bisa melihat masyarakat dan kondisi yg berbeda di 3 tahun belakangan ini. Suatu keadaan atau kondisi yang tak bisa didapatkan temanku yg lain.
     Saya berasal dari masyarakat Sumatera Utara. Kemudian, pendidikan di Bukittinggi, balik ke Jatinangor, dan ditempatkan lagi di kampus Jakarta, lalu saat ini ditempatkan KKN di Grobokan, Jawa Tengah.
     Saya senang dan bersyukur bisa mengenal lokasi serta karakter masyarakat masing-masing tempat yang pernah saya kunjungi.

    

Lain lubuk, lain pula ikannya. Lain rumput dan ilalang lain pula belalangnya.

     Mungkin itu kata-kata yg tepat menggambarkan pengalamanku bergaul dengan masyarakat yang telah aku lihat. Masing-masing punya ciri khas nya sendiri.
     Orang Sumatera Utara yg berwatak “terkesan keras” tapi sebenarnya lembut dan sangat welcome. Sifat atau sikap yg terkesan keras itu sebenarnya adalah bentuk dari cerminan kegigihan mereka yg memang suka kerja keras. Maka tak heran bahkan dalam berbicara pun mereka sangat gigih sampai sampai terkesan ngotot-an. Itu yang menjadikan orang Sumut itu banyak yang jadi pengacara. Walau namun ia suka hal-hal yang berbau bualan yang dapat menimbulkan percaya diri nya.hehhe..(namun tidak semua seperti itu juga.cuma pada umumnya). Tapi mereka orang-orang yang asyik, mudah bergaul dan melebur dengan lingkungannya.
    Belum lagi masyarakat minangkabau yang egaliter. Dimana semua posisi masyarakat itu sama. Tak ada beda antara dia pejabat atau masyarakat? Malah yg menentukan posisi di strata sosial masyarakat itu terletak pada strata adat yang berlaku. Dan mereka memang dianugrahi bakat berekonomi yang tinggi. Wajar banyak diantara mereka jadi pedagang.
     Kemudian masyarakat Jawa Barat. Mereka mencerminkan masyarakat yang ramah, terbuka bahkan sangat terbuka pada hal-hal yang baru. Bahkan samapai saya yang takut sendiri sehingga jadi canggung dan segan. Namun, sikap keterbukaan mereka itulah yg membuat masyarakat Jawa Barat itu sangat kreatif (menurut saya). Dan itu yg menjadi penggerak sektor perekonomiannya ditambah oleh sektor pariwisata dari Tuhan.
     Lain lagi halnya masyarakat Jakarta. Masyarakat ibu kota, ibu kota negara.. Mereka sangat dinamis. Dan saya suka dengan kompleksitas hidup dan kehidupan mereka. Itu menjadi nafas dan pemicu semangat untuk saya khususnya bahkan msyarakat Jakarta itu sendiri untuk berkompetisi. “Fight” melawan hidup. Dan saya suka itu. Khususnya masyarakat umumnya.  Mereka terus berputar, berlari berlomba dengan waktu.
     Terakhir saya saat ini berada di Jawa Tengah. Saya sebenarnya belum banyak menyelami karakter mereka. Namun sekilas, mereka adalah masyarakat yang tertib. Dalam artian suka hal hal yg runut dan tertata. Untuk masyarakatnya terkesan suka mengagungkan sesuatu yang mereka hormati. Dan mereka adalah masyarakat yang menjaga tradisi. Benar atau salah, yang pasti itu sudah jadi tradisi dari dulu. Terkesan seperti itu (mungkin..). Namun, mereka suka hal-hal yang dapat disukai atau dinikmati beramai-ramai. Hal-hal yang bersifat massal. Misalnya saja hiburan rakyat’nya yang suka dangdutan. Dan segala style dangdut mereka suka..hehhe *bergurau dink. 😉

Iklan
Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: