Skip to content

Perpindahan Merupakan Dimensi Lain dari Waktu, Kecepatan, Percepatan serta Jarak.

April 9, 2012

     

image

      Coba deh lihat alam sekitar.Sebenarnya banyak hal dari lingkungan dekat kita yang memberi banyak manfaat buat kita. Jangankan dari hal manfaat langsung, bahkan manfaat tidak langsung juga. Seperti pelajaran hidup yg banyak diperlihatkan alam buat kita. Bahkan hal-hal kecil alamiah di diri kita sebenarnya dapat memberi pelajaran kalau kita mau perhatikan.
      Salmon misalnya. Ia akan berpindah, bermigrasi jauh bermil-mil berkilo kilo meter jaraknya hanya untuk bertelur. Melanjutkan hidup dan kehidupan. Mereka bertaruh dan mempertaruhkan diri mereka.
      Di tengah perjalanan banyak mereka yang kelelahan berenang.Mati atau jadi santapan paus atau penghuni rantai makanan tertinggi di lautan samudera. Namun mereka tetap pergi, tetap pindah apapun yang terjadi.
      Ternyata, kita manusia pun hidup esensinya adalah pindah dan perpindahan. Ya. Kita pindah dari alam yang nyaman bernama rahim. Kemudian pindah ke alam dunia, dari fase kita sebelum saat ini kita juga sudah banyak mengalami perpindahan. Dari masa anak-anak kita berpindah ke masa remaja, kemudian berpindah ke masa dewasa, dan selanjutnya berpindah ke masa tua. Sampai tiba di akhir dunia, berpindah dari hidup ke mati di alam lain.
      Hidup sesungguhnya adalah potongan-potongan antara perpindahan satu sama lainnya.kita hidup di antara keduanya.

Pindah juga bisa menyangkut urusan hati. (radityadika, 2012)

      Lalu, kalau mau dipikir-pikir dari hal kecil di tubuh kita juga banyak memberi contoh perpindahan. Misalnya saja, perpindahan gerak peristaltik dari mulut ke kerongkongan lalu hingga sampai ke lambung merupakan perpindahan yang berarti. Begitu juga halnya dengan darah, dari jantung ke seluruh sel di tubuh kita.
      Bahkan benda mati juga berpindah. Debu kecil pun terbang ketika ada angin. Bahkan skala paling kecil pun seperti elektron berpindah berputar mengelilingi proton dan neutron pada sebuah atom.
      Saya sendiri dalam tiga tahun belakangan ini sudah berpindah tempat dari satu kampus ke kampus lain. Walau itu masih dalam satu institusi yang sama.
      Hidup memang penuh fengan ketidakpastian. Tetapi perpindahan adalah salah satu hal yang pasti.
      Kalau pindah diidentikkan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya. Kita sering berfikir ini adalah perpisahan sehingga merasa sedih melepas hal-hal yang diakrabi, hal-hal yang telah membuat kita nyaman dan senang. Akhirnya ketika berpindah ke tempat baru, kita akan dihantui pertanyaan, akankah sama enaknya?atau apakah akan lebih baik? Kita akan dihantui kecemasan.
      Padahal, untuk melakukan pencapaian lebih, kita tak hanya bertahan di tempat sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yang bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan. Mau tak mau, kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya. Bahkan rela mati di tengah jalan demi mendapatkan apa yang diinginkan.
       Akhirnya, kita berpikir.Ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, kita tak perlu jadi manusia super. Kita hanya perlu jadi manusia setengah salmon.
       Ya, dinikmati aja.merupakan kata sederhana. Namun cukup mengobati dan melegakan. Mungkin, kita hanya perlu mencari kebahagiaan-kebahagiaan kecil diantara semua perpindahan ini.

[ beberapa merupakan saduran yang begitu juga inspirasi yang menjadikan tulisan ini tertoreh. *jadi, ayamku?! 🙂 ]

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: